News Update :

“GALAU” Kata Yang Paling Indonesia

Posted by Unknown on Wednesday, June 13, 2012


Pada kesempatan ini saya akan menuliskan sebuah artikel yang mungkin termasuk unik, karena saya sedikit melihat fenomena masyarakat yang sedang terjadi di masyarakat Indonesia, berhubung karena saya mengikuti lomba menulis yang diadakan oleh Anginmamiri.org bekerjasama dengan jaringan terbesar dan No.1 di Indonesia yakni Telkomsel, yang bertemakan “paling Indonesia”. Mungkin banyak dari anda belum tahu apa arti seseungguhnya dari Paling Indonesia. Paling Indonesia menurut saya adalah budaya,adat istiadat,tempat wisata dan kuliner yang hanya bisa kita jumpai di Indonesia bukan di Negara lain. Memang jawaban saya agak simple sih.,pokoknya Paling Indonesia itu adalah Asli Indonesia, bukan di tempat lain. Dan pada kali ini saya akan sedikit melihat kebiasaan masyarakat akhir-akhir ini. Sebentar mungkin anda berpikir kalau saya akan membahas demam K-pop, bukan untuk kali ini saya akan sedikit membahasa kata-kata gaul yang lagi terkenal ngetren. akhir tahun kemarin kita dikejutkan dengan bahasa-bahasa baru yang sekarang lagi Top banget. Hampir kata-kata gaul tersebut terpajang di dinding facebook saya, bukan hanya di facebook,twitter dan BBM(Blackberry Massanger), tapi hampir di seluruh jejaring social. Selain di jejaring social, kata-kata gaul itu muncul  di hampir semua iklan di di siaran TV yang kita lihat. Jadi jangan heran kalau kata-kata gaul tersebut mulai merasuk ke dalam diri kita dan mengubah cara berbahasa kita.

Bahasa merupakan alat yang kita gunakan untuk berkomunikasi atau penghubung kita dengan manusia lain, tanpa bahasa, manusia tidak dapat berinteraksi dengan manusia lain, dan bahasa yang kita gunakan sehari-hari atau bahasa wajib kita adalah Bahasa Indonesia, bahasa Indonesia adalah bahasa resmi republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia, Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa Bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia. Namun seiring berkembangnya zaman, bahasa Indonesia banyak mengalami perkembangan dan masyarakat cenderung mengikuti perkembangan tersebut, menurut pengamatan yang saya lakukan, masyarakat cenderung sangat menyukai kata-kata yang singkat dan jelas, karena sebagian dari mereka tidak suka berbicara panjang lebar. Contoh kecil kata-kata gaul yang disingkat, Kamseupay=”Kampungan Sekali Uuhh Payah.!”. Kamseupay berarti kampungan,norak sekali, dan sering dicap jelek,menurut informasi yang saya dapat kata-kata kamseupay ini mulai dikenal pada era tahun 80-an, dan akhir-akhir ini kembali mulai popular di iklan dan jejaring sosial, padahal kalau kita baca baik-baik kata-kata tersebut bersifat menyindir ataupun mencela. Yaaa.! Beginilah Indonesia seharusnya Televisi sebagai media atau sarana pembelajaran, sekarang dipakai untuk media berbisnis dan mencari keuntungan tanpa melihat kondisi masyarakat sekarang. Akan tetapi banyak juga bahasa atau kata-kata gaul yang memiliki makna bagus.

Kata-kata gaul yang saya sedikit angkat disini adalah kata “GALAU”.  Sebenarnya banyak bahasa gaul yang sedang lagi ngetren saat ini tetapi saya lebih mengangkat tema ini karena menurut saya banyak masyarakat lebih mengenal kata gaul ini, ketimbang kata gaul lain. Dan mungkin banyak dari anda bertanya-tanya mengapa kata-kata “Galau” saya golongkan sebagai Paling Indonesia.? Karena menurut saya Budaya itu adalah sebuah kebiasaan dan hampir semua masyarkat telah mengenal kata-kata “Galau”, sehingga kata-kata gaul ini telah menjadi budaya atau kebiasaan masyarakat ketika merasa berada dalam kondisi tertentu. Contoh kecil yang saya ambil di lingkungan sekitar saya,Misalnya seseorang telah diputuskan oleh pacarnya karena suatu hal dan anda bertanya kepada orang tersebut kemungkinan besar dia akan menjawab lagi “Galau” itu untuk bahasa atau kata-kata singkatnya,kalau kemungkinan kecilnya dia bilang “saya diputusin ama pacar aku”,Tetapi kemungkinan kecil ini jarang diungkapkan karena biasanya kata-kata “saya diputusin ama pacar aku” itu untuk teman dekatnya saja, klo bahasa gaulnya sih”Best friends”.



Menurut saya kata galau itu adalah sebuah kejadian atau sifat dimana seseorang sedang jenuh.! Kalau menurut kamus bahasa Indonesia “Galau” berarti kacau (tentang pikiran); Bergalau berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); kegalauan berarti sifat (keadaan hal) galau sedangkan menurut ilmu psikolgi “Galau” itu adalah Sebuah keadaan dimana kejiwaan seseorang yang memiliki rasa kurang percaya pada sahabat-sahabatnya. Dengan kata lain, saat ia memiliki sebuah masalah (lebih cenderung kepada hal percintaan) orang tersebut tidak mempercayai saran-saran dan keberadaan orang-orang terdekatnya, cenderung lebih mencintai kesendirian, kesakitan dan ketersesatan, merasa tidak (kurang) diperhatikan atau dicintai oleh orang-orang di sekitar, mencari perhatian dan merasa patut di kasihani dengan melakukan aktifitas “update status” pada situs jejaring sosial dengan kalimat-kalimat yang bermakna sakit hati dan kekecewaan, tidak percaya sepenuhnya pada rencana TUHAN. arti galau sendiri pertama kali tercetus dari akun twitter @poconggg yang sering membuat status dengan hashtag #galau. Dan karena banyak orang yang nge-fans dengan @poconggg, jadi populer deh kata-kata galau itu yang mewakili perasaan si @poconggg ini, sebenarnya kata-kata “Galau”sudah ada di kamus besar bahasa Indonesia namun si @poconggg ini yang mulai memperkenalkan bahasa atau kata ini kepada kita. Dari fenomena sekitar kebanyakan kata-kata “Galau” diungkapkan jika seseorang bermasalah dengan Percintaanya.  Dan masyarakat Indonesia yang lebih sering memakai kata-kata ini adalah para remaja, mengapa para remaja yang lebih banyak memakai bahasa atau kata-kata ini, karena hampir para remaja di seluruh indonesia memiliki permasalahan yang sama yakni “Cinta”. C.I.N.T.A lima huruf tapi makna yang terkandung sungguh sangatlah besar, kalau menurut saya cinta memang dapat membuat kita bahagia tetapi seperti halnya obat, cinta juga punya efek samping yakni penderitaan atau kita biasa menyebutnya patah hati kalau dah patah hati pasti ujung-ujungnya “Galau” dah. 

memang kata “Galau” sudah menjadi kata-kata yang tak akan mudah hilang dari ingatan para remaja. Dan status “Galau” saya banyak jumpai di jejaring social, dan yang paling banyak saya jumpai di jejaring FB(facebook) dan saya lihat facebook juga mulai menjadi kegiatan wajib yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita, katanya  sih kalau ngak punya FB ngak gaul.!! Hahahahaha ada-ada aja argument masyarakat kita.! Ketika saya mulai membuka FB saya dan mulai membuka beranda saya di Facebook, langsung dah muka dan status teman saya pada keliatan.! Dan saya lihat hampir semua status teman saya lagi galau semua, Contoh “Kapan ya ketemu lgi ama si dia.!!’ Dan “Aku tak akan melupakanmu walapun sekarang kau berada di pelukan orang lain #Mr.Ik” wahhh gimana wajah para remaja Indonesia kalau pada dilanda penyakit cinta(Galau) semua nih.! Adapun wadah atau komunitas jika anda berada dalam kondisi “Galau” yakni “Galauers”. Galauers adalah sebuah komunitas dimana anggotanya mungkin pada kena penyakit galau atau mungkin mereka hanya menggunakannya sebagai wadah untuk berekspresi tetapi yang saya lihat kemungkinan komunitas ini hanya wadah untuk mengeluarkan segala argument atau pendapat mereka tentang kejadian yang terjadi dan mencari solusi untuk kegalauan mereka, memang ungkapan“Galau” banyak ditulis oleh para remaja Indonesia di facebook dan twitter, apabila mereka merasa berada dalam situasi jenuh tetapi ada juga sebagian orang yang menulis kata“Galau”, karena hanya ingin mendapatkan perhatian orang lain.

“Galau”merupakan bahasa Indonesia yang memang sudah sejak lama ada di kamus besar bahasa Indonesia, akan tetapi masyarakat Indonesia tidak terlalu memperhatikan kata itu, tetapi setelah pemilik akun Twitter @poconggg mulai menulis kata itu dan banyak yang memperhatikannnya ternyata kata-kata yang mungkin kita angap remeh tersebut mulai banyak di kenal orang dan mungkin telah menjadi popular saat ini, bahkan kata galau sekarang sudah di populerkan oleh salah satu siaran TV swasta yang berskala nasional yang membuat program talkshow yakni “Galau Nite Night”, program talkshow ini membahas tentang seputar kejadian yang terjadi saat ini, ini membuktikan kata “Galau” tidak selalu memiliki artian negative melainka juga mempunya artian positif, adapun kepanjangan dari kata“Galau” yakni GALAU = God Always Listening Always Understanding.! Hahahaha, gimana kata“Galau”tidak selalu berarti jelekkan. Intinya kata“Galau” menurut saya paling Indonesia banget, mengapa.! karena kata “Galau” memang sudah ada dalam kamus besar bahasa Indonesia dan para remaja sekarang hampir menuliskan kata “Galau” ini di setiap Status mereka ,di jejaring social. Dan mereka juga sering menggunakan kata ini dalam kondisi tertentu saja, yang pastinya “Galau” itu merupakan bagian dari Indonesia, dan kata ini hanya bisa kita dapatkan di Indonesia bukan di tempat lain.
About Me About Author

Blogging merupakan salah satu Hobby saya karena memang dari dahulu saya Suka dengan dunia teknologi dan Saya mulai bergelut dengan dunia blogging pada awal tahun 2011 namun sempat terhenti hampir duatahun dan pada akhir Tahun 2013 tepatnya bulan Februari Saya Kembali aktif dalam dunia perbloggingan

Share on :

Ditulis Oleh : Unknown ~ Free For Android ~

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul “GALAU” Kata Yang Paling Indonesia,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Thank you for visiting ! ::

{ 2 comments... read them below or add one }

Radhit Yusandhi said...

mungkin kata2 Galau yg sangat populer di Indonesia belakangan ini kualitas kepopulerannya hampir mirip kata2 Awesome yg ada di US. Karena sepertinya orang yg memakai b.inggris di britania sana jarang yg menggunakan kata2 awesome

Unknown said...

Keren :D brader Portal Update

Post a Comment